close
Home » ExifTool GPS Cara Melacak Metadata Lokasi Dengan Exif Tools

ExifTool GPS Cara Melacak Metadata Lokasi Dengan Exif Tools

Tedi March 13, 2024

Optimaprep.co.id-ExifTool GPS adalah salah satu program yang belakangan ini menjadi viral. Alasannya adalah mengenai fungsinya yang konon bisa melihat lokasi sebuah foto di ambil, setidaknya itulah salah satu topik yang banyak digunakan. Tetapi, sebenarnya software yang satu ini tidak hanya bekerja seperti demikian saja. Ada banyak fungsi lainnya yang bisa kalian manfaatkan dari sini.

ExifTool sendiri dibuat oleh Phil Harvey, dan ia membuat program tersebut bisa diakses kapan saja, dan dimana saja melalui website. Karena ia menyediakannya pada situs resminya sendiri, jadi, kalian akan dapat dengan mudah mendownload, dan menggunakan layanannya. Sehingga, kalian tidak akan mengeluarkan uang sedikit pun nantinya.

Lalu apa hubungannya dengan GPS? Berbicara mengenai hal tersebut, sebenarnya software ini tidak hanya bekerja untuk mengetahui lokasi sebuah foto saja. Dan jika dikatakan sebagai alat untuk mencari lokasi orang lain melalui sosial media memang benar bisa dilakukan. Tetapi itupun kalau mereka memang tidak mengetahui apa yang namanya geotagging.

Sebenarnya ada banyak informasi yang perlu dijelaskan mengenai ExifTool ini, karena jika dikatakan sebagai software yang memiliki satu kegunaan saja rasanya tidak tepat. Kemudian ia juga tidak bisa membaca setiap lokasi yang ada pada sebuah foto. Sehingga untuk saat ini sebenarnya penjelasan yang ada masih dirasa kurang begitu lengkap. Dan disini kami akan mendeskripsikan mengenai software tersebut.

Apa Itu ExifTool GPS

Apa Itu ExifTool GPS?

ExifTool adalah sebuah program yang dapat digunakan untuk mengedit sebuah metadata. Dan belakangan ini di deskripsikan sebagai salah satu software yang memberitahukan lokasi orang berdasarkan foto yang tersebar di media sosial. Penjelasannya sendiri memang benar, namun kurang lengkap. Karena seperti apa yang kami bilang, kerjanya memang lebih dari itu saja.

Kemudian GPS yang kami input di dalamnya ini menjelaskan bahwa hal tersebut masih dalam jangkauan edit software yang satu ini. Sehingga jika dikatakan kalau bisa digunakan sebagai alat untuk mencari lokasi orang berdasarkan foto saja, sebenarnya tidak terlalu melenceng cukup jauh.

Tetapi fungsi sebenarnya dari ExifTool ini adalah untuk merubah keseluruhan metadata yang ada pada sebuah file. Di Indonesia sendiri belum cukup terkenal, karena program yang dibuat oleh Phil Harvey ini lumayan sangat membingungkan untuk dibaca. Khususnya seperti kita yang memang memiliki pengetahuan minim mengenai data, dan juga program komputer.

Sehingga website milik orang yang membuat sebuah program untuk melacak GPS ini lumayan sulit untuk dimengerti. Tetapi simpelnya, kegiatan yang ingin kalian lakukan ini bisa dilakukan dengan menggunakan program yang mereka sediakan. Sehingga, softwarenya sendiri lumayan cukup berguna, khususnya untuk mereka yang membutuhkan layanan gratis yang diberikan oleh program ini.

ExifTool GPS Digunakan Untuk Apa?

Seperti yang sudah kami bilang ExifTool ini bisa digunakan untuk mengedit sebuah meta data yang ada pada sebuah file. File yang kami maksud disini tentu saja tidak dibatasi oleh foto saja. Karena berbagai macam yang lainnya juga bisa kalian edit menggunakan software tersebut.

Yang termasuk ke dalamnya adalah video, pdf, audio, dan yang terkakhir tentu saja foto. Sehingga cakupannya ini bisa dibilang jauh lebih lebar dibandingkan untuk mendeteksi sebuah GPS saja. Makanya, kalau disebut sebagai sebuah software yang hanya melacak sebuah foto, kami menyebutkannya kurang lengkap. Karena cara kerjanya sendiri memang jauh lebih banyak dari itu.

Kemudian apa yang dimaksud sebagai metadata? Karena dari tadi kami kerap membicarakan mengenai hal tersebut, rasanya deskripsinya perlu kami masukkan kesini. Jadi, metadata adalah kumpulan beberapa data yang biasanya terdapat pada sebuah file. Sebagai salah satu contohnya adalah penulis, tanggal dibuat, tanggal diedit, ukura file, dan yang terakhir adalah GPS, atau lokasi.

Dan ExifTool ini bekerja untuk mengedit metadata tersebut, entah itu yang ada di dalam sebuah foto, video, audio, pdf, dan masih ada beberapa bentuk file lainnya yang kami tidak kenali. Dari sini sekarang kita sudah tahu bagaimana software buatan Phil Harvey ini bekerja. Dan jenis file apa saja yag disupport oleh sistemnya.

Apakah Benar ExifTool Bisa Digunakan Untuk Melacak GPS, atau Lokasi dari Sebuah Foto?

Jawabannya tentu saja benar, tetapi daripada dikatakan sebagai alat untuk melakukan pelacakan, ExifTool ini lebih tepatnya dipanggil sebagai alat untuk mengetahui informasi lokasi yang dimiliki oleh foto tersebut. Dan beberapa info yang disediakan oleh programnya ini akan dipengaruhi oleh keakuratan Geotagging.

Karena foto termasuk ke dalam salah satu file yang memang di support oleh programnya, katakanlah hal tersebut 100% bisa dilakukan di dalamnya. Tetapi dengan syarat Geotagging pada foto tersebut memang aktif pada saat pengambilan medianya dilakukan pada saat itu. Jika tidak, programnya tidak akan memunculkan informasi mengenai lokasi, atau GPS.

Sehingga, bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak semua foto yang ada di internet bisa kalian gunakan untuk melacak lokasi mereka. Karena ExifTool ini tidak akan bisa melacak lokasi dari sebuah foto jika Geotagging dari media tersebut tidak ada. Dan ini adalah salah satu hal yang perlu kalian ingat. Karena softwarenya sendiri bekerja untuk mengedit informasi tersebut.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Geotagging? Jadi, Geotagging adalah sebuah fitur pada sistem yang akan menempelkan titik koordinat (GPS) pada saat sebuah file dibuat. Contoh mudahnya adalah kamera handphone yang kalian miliki, kadang tidak di suruh pun akan memunculkan tempat kalian berada bukan?

Apa Itu Geotagging, dan Apa Hubungannya dengan ExifTool GPS?

Seperti yang sudah kami bilang, Geotagging adalah program yang akan menambahkan informasi ke dalam sebuah file saat pertama kali filenya dibuat. Dan biasanya ini akan langsung aktif, dan tentu saja bisa kalian matikan kalau kalian merasa tidak aman mengenai cara sistemnya bekerja. Dan ExifTool ini bisa digunakan untuk membaca informasi tersebut.

Jika dimatikan, maka pada saat pembuatan file dilakukan, Geotagging ini tidak akan bisa menuliskannya disana. Dan ini menjadi masuk akal ketika kami menyebutkan bahwa program buatan Phil Harvey ini tidak akan bisa melacak semua lokasi yang ada pada sebuah foto, atau bagian GPS nya.

Alasannya tentu saja karena Geotagging pada saat fotonya diambil tidak dinyalakan sama sekali. Sehingga ExifTool ini gagal saat mencoba mengambil informasi mengenai lokasi dari foto tersebut. Dan jika hal tersebut terjadi kepada sebuah gambar yang ingin kalian coba lacak, maka hal tersebut akan mustahil untuk dilakukan.

Simpelnya program tersebut sebenarnya tidak hanya difokuskan untuk mengetahui lokasi, atau mengedit sebuah gambar saja. Karena hal tersebut memang sudah disetting ke dalam programnya, sehingga GPS ini, disamping nama author, dan juga tanggal diambilnya akan secara otomatis terlampir disana. Sehingga saat geotagging ini di aktifkan, maka informasi mengenai lokasi pun akan muncul disana.

Makanya penggunaan Geotagging yang tidak diketahui oleh para pengguna handphone misalnya, agak sedikit riskan untuk di aktifkan. Karena mengingat teknologi yang sekarang ini semakin maju, hal tersebut tampaknya lumayan membuat beberapa orang bisa menjadi was-was bukan? Tetapi tenang saja, karena kalian bisa mematikan program tersebut agar ExifTool ini gagal untuk mengetahuinya.

Cara Melacak Lokasi Foto dengan Menggunakan ExifTool GPS

Cara Melacak Lokasi Foto dengan Menggunakan ExifTool GPS

Disini kami akan menerangkan bagaimana cara program milik Phil Harvey ini bisa melacak lokasi dari sebuah foto dengan sangat mudah. Karena sebelumnya kami sudah menerangkan mengenai bagaimana cara Geotagging bekerja, (bagi kalian yang belum membacanya, silahkan untuk dibaca terlebih dahulu). Cara menggunakan ExifTool untuk melacak foto, bisa kalian simak disini:

  1. Pertama siapkan foto yang ingin kalian lacak
  2. Gunakan program ExifTool
  3. Kunjungi halaman resminya pada exiftool.org, atau EXIF.tools
  4. Masukkan foto yang kalian sudah siapkan tadi dengan cara menekan “Choose File”
  5. Jika foto yang kalian pilih sudah benar, klik “Upload File”
  6. Dan informasi mengenai foto tersebut pun akan muncul.

Sebelumnya kami akan memberitahukan bahwa keberhasilannya ini ditentukan oleh yang namanya Geotagging. Karena jika foto tersebut tidak memiliki informasi mengenai lokasi, maka deskripsi tentang tempat nantinya tidak akan muncul sama sekali.

Untuk masalah pelacakan, seperti yang sudah kami bilang akan sedikit susah susah kalau informasi mengenai GPS tidak menempel sama sekali pada saat fotonya diambil. Sehingga program buatan Phil Harvey ini tidak bisa dikatakan selalu berhasil dalam menyediakan informasi tertentu. Dan ini adalah salah satu hal yang sebenarnya tergolong lumayan normal.

Fitur ExifTool GPS

Karena berbagai macam informasi mengenai apa itu, bagaimana caranya ia bekerja, dan beberapa info lainnya mengenai program tersebut sudah kami masukkan ke dalam sini. Sehingga hanya menyediakan fitur saja yang belum sempat kami input ke dalam artikelnya. Langsung saja, fitur yang dimiliki oleh ExifTool adalah:

Melihat Metadata pada Sebuah File

Jadi fitur pertama yang harusnya kalian kenali dari softwarenya adalah fungsinya yang dapat melihat informasi metadata pada sebagian besar file. Dan foto adalah salah satu contoh file yang bisa kalian masukkan agar beberapa informasi mengenainya bisa langsung terbaca oleh sistem exifTool ini. Jadi tidak hanya dibatasi pada gambar saja.

Mengedit Metadata pada Sebuah File

Selalin melihat informasi seperti GPS, atau lokasi. Kalian juga bisa mengedit informasi yang di dapatkan dari sebuah foto ketika sudah selesai di proses. Sehingga menjadikannya sebagai sebuah program yang lumayan cukup berguna jika digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Support Banyak Jenis File

Sebelumnya kami akan menyebutkan bahwa sebenarnya ExifTool ini tidak hanya digunakan untuk mengetahui informasi mengenai metadata pada foto saja. Karena sebenarnya mereka lumayan cukup banyak mensupport file lainnya juga. Sebagai salah satu contohnya adalah audio, video, pdf, dan masih ada banyak yang lainnya. Dan tentu saja tidak hanya dibatasi oleh foto saja.

Kesimpulan

Jadi ExifTool GPS adalah sebuah program yang dibuat oleh Phil Harvey untuk membaca sebuah metadata pada sebuah file. Programnya sendiri mensupport banyak jenis file, tetapi di Indonesia sendiri sepertinya hanya dikenal untuk melacak sebuah foto saja, dimana informasi tersebut sebenarnya kurang cukup lengkap.

Programnya sendiri bisa langsung kalian pakai saja di halaman resminya, dan sudah kami sediakan bagaimana cara menggunakannya disana.

Baca juga:

Artikel Terkait