close
Home » Cara Setting TV Digital Tanpa STB Anti Ribet Dijamin Mudah

Cara Setting TV Digital Tanpa STB Anti Ribet Dijamin Mudah

Arief Wicaksana February 23, 2024

Optimaprep.co.id-Peralihan dari siaran analog ke siaran digital memaksa orang – orang yang masih menggunakan TV analog untuk berpindah ke TV digital jika ingin mendapatkan siaran televisi. Hanya saja banyak orang merasa kalau untuk mendapatkan siaran TV digital harus menggunakan STB. Lantas, adakah cara setting TV digital tanpa STB?

Bagi Anda yang ingin berpindah dari TV analog ke TV digital dan mendapatkan siaran televisi digital tanpa perlu STB, di sini kami akan berikan informasinya untuk Anda. Jadi cek informasinya yuk!

Fungsi STB

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara setting TV digital tanpa STB, pertama – tama kita akan bahas tentang fungsi STB terlebih dahulu.

Jadi, apa sih yang dimaksud STB?

STB (Set Top Box) atau yang juga dikenal sebagai decoder receiver adalah suatu alat yang dipakai dalam mengonversi signal digital yang diterima agar tampil sebagai hasil output berupa gambar atau pun suara yang nantinya ditampilkan pada TV analog.

Bagi Anda yang masih menggunakan TV analog dan kemudian untuk membeli TV digital dirasa mahal namun juga masih belum memiliki STB, masih ada solusi yang bisa dipilih untuk Anda jalankan agar melalui TV analog tersebut siaran digital bisa diterima.

Bagaimana solusinya?

Cara Setting TV Digital Tanpa STB

Pertama, tama yang Anda perlu lakukan adalah mengecek TV Anda sudah berstandar digital atau belum. Eits, tidak semua TV yang sudah berstandar digital harus TV digital.

TV analog pun juga ada yang sudah didukung dengan standar digitalisasi yang baik. Karena itu Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap perangkat yang Anda miliki.

Cara pengecekannya bagaimana?

Cara pengecekan TV apakah sudah berstandar digital atau belum sebagai berikut :

  • Buka browser di perangkat Anda
  • Kunjungi laman https://siarandigital.kominfo.go.id
  • Pada bagian atas layar, Anda akan temukan menu perangkat TV dan klik pada menu tersebut
  • Tiga pilihan kategori yaitu nama perangkat, merk dan model/ tipe akan muncul
  • Masuk ke bagian perangkat dan pilih kategori Televisi
  • Masuk ke bagian merk dan pilih merk Televisi Anda kemudian pilih juga model atau tipenya dengan masuk ke kategori model/ tipe.
  • Nama model TV akan muncul jika tipe TV Anda memang termasuk ke dalam kategori TV dengan standar digital.

Jika memang TV Anda terkategori sebagai TV dengan standar digital, maka tentu saja cara setting TV digital tanpa STB pun bisa dilakukan.

Cara setting TV digital tanpa STB bisa dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa wilayah rumah Anda sudah menyediakan siaran digital
  • Pasang antena UHF biasa, baik itu antena outdoor atau pun antena indoor.
  • Sesuaikan ketinggian dan arah antena dengan lokasi pemancar.
  • Cek televisi Anda sudah mampu menerima siaran TV digital DVB-T2 atau tidak.
  • Cek kabel antara antena dan juga TV apakah sudah tersambung dengan baik atau tidak
  • Pilih pada menu pengaturan atau setting untuk mencari (tuning) signal digital.
  • Akan terdapat pilihan DTV untuk siaran digital dan pilihan ATV untuk siaran analog.
  • Jangan lupa untuk klik auto scan guna mencari program siaran TV digital. Nama kanal atau nama stasiun TV digital nantinya juga akan ditampilkan secara otomatis.

Namun jika setelah dicek ternyata TV Anda belum berstandar digital maka tentu cara di atas tidak bisa dilakukan. Solusinya agar TV bisa berfungsi dengan baik adalah dengan membeli alat penangkap signal digital agar bisa disiarkan di televisi analog yang sering kita sebut sebagai STB (Set Top Box).

Tanaka DVB T2

Merk dan Harga Set Top Box

Berikut kami berikan beberapa rekomendasi merk STB (Set Top Box) yang bisa dimanfaatkan beserta harganya :

Tanaka DVB T2

Tanaka DVB T2 merupakan merk STB yang dilengkapi fitur EWS dan games sehingga Anda bisa bermain game dan sekaligus mendapatkan informasi terakurat soal bencana yang terjadi di suatu wilayah.

Gambar yang dihasilkan STB ini pun berkualitas. STB ini juga mendapat dukungan fitur lain yang bernama DLNA. Melalui Tanaka DVB T2, Anda juga bisa nonton siaran YouTube dan merekam siaran TV yang ditampilkan.

Untuk harga, merk STB yang satu ini bisa Anda beli secara online atau di toko perangkat elektronik offline seharga 170an ribu rupiah saja.

Matrix Apple DVB T2

Kalau cara setting TV digital tanpa STB tidak berhasil, artinya Anda memang butuh STB. Tipe Matrix Apple DVB T2 menjadi sebuah tipe STB canggih yang direkomendasikan.

Tipe STB ini menawarkan cukup banyak keunggulan. Matrix Apple DVB T2 bisa menampilkan YouTube melalui dongle wifi, mendukung tampilan ponsel ke TV dengan dongle wifi, dan mampu menampilkan gambar serta tampilan tajam karena sudah Full HD.

STB ini juga dilengkapi fitur EWS serta sudah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Pada paket penjualan yang dibanderol sebesar 180 ribu rupiah, STB juga sudah dilengkapi dengan remote dan kabel RCA. Pemutaran YouTube Kids, dan MeTube juga bisa dilakukan dengan STB ini.

Polytron DVB T2 – PDV 600T2

Brand Polytron memang tidak ada matinya. Kini produk elektronik yang Polytron punya adalah STB. Salah satu tipe STB Polytron yang bisa jadi andalan yaitu Polytron DVB T2 – PDV 600T2.

Tak hanya sudah dilengkapi dengan fitur peringatan bencana dini yaitu EWS (early warning system), STB Polytron ini juga sudah menggunakan antena UHF biasa dan fleksibel dipakai untuk berbagai merk televisi. Banyak orang yang mengatakan kalau STB dengan harga 250 ribu rupiah ini tidak rewel.

STB mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih, serta STB juga sudah didukung dengan fitur perekam program televisi yang menjadi kelebihan produk STB ini juga.

Evercoss STB DVB-T2

Produk STB dari Evercoss ini merupakan sebuah produk STB yang dapat digunakan untuk merekam program televisi favorit Anda yang ditayangkan sehingga di keesokan hari bisa menontonnya ulang. Tampilan gambarnya juga beresolusi Full HD sehingga sudah sangat bersih.

Evercoss STB DVB-T2 juga menjadi sebuah merk STB yang telah disupport dengan cukup banyak fitur mulai dari port HDMI, USB dan juga wifi dongle. Fitur pengontrol remote pun disediakan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan STB ini. Untuk harganya, Evercoss STB DVB-T2 dibanderol sebesar 210 ribu rupiah.

Akari ADS-525

Produk STB bernama Akari ADS-525 merupakan sebuah produk yang telah dilengkapi fitur peringatan dini bencana alam atau EWS dan didukung fungsi Electronic Program Guide (EPG) selama 7 hari.

Kualitas produk ini juga tidak main – main dan bahkan terkategori sebagai produk STB dengan harga terjangkau namun dilengkapi fitur mumpuni. Anda bisa dapatkan Akari ADS-525 dengan harga hanya 226 ribu rupiah saja.

Venus DVB-T2

Produk Venus DVB-T2 merupakan STB asli asal Indonesia yang mampu menampilkan gambar dengan kualitas jernih, tajam dan minim gangguan.

Berusaha menyaingi banyak produk STB lainnya, Venus DVB-T2 juga telah dilengkapi dengan fitur EWS yang dapat mendeteksi adanya gangguan atau bencana alam di sekitar. Anda yang tertarik untuk memanfaatkan produk Venus DVB-T2 bisa membelinya di toko offline atau di toko online dengan harga 265 ribu rupiah saja.

Advance Set Top Box DVB-T2 STP A01

Advance juga punya produk STB. Salah satu produk STB Advance yang bisa jadi andalan adalah Advance Set Top Box DVB-T2 STP A01.

Selain murah karena dibanderol hanya 310an ribu rupiah saja, produk STB ini juga didukung fitur 11 bahasa untuk dioperasikan. Anda bisa memilih bahasa mana saja yang Anda pahami mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Ceko, Jerman, Italia, Thailand, Polandia dan sampai dengan bahasa Rusia.

Fitur penunjang seperti time shift, daftar favorit, pencarian otomatis, parental control juga menjadi fitur pelengkap STB Advance ini. Anda bisa menggunakan fiturnya sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh adalah dengan menggunakan fitur parental control, Anda yang memiliki anak dan ingin apa yang ditampilkan dibatasi karena menonton bersama si kecil bisa dilakukan.  

Kalau sudah punya STB-nya, selanjutnya Anda tinggal pasang ke TV analog atau TV yang tidak memiliki standarisasi digital agar bisa menangkap siaran TV digital. Cara pemasangannya seperti apa?

Cara Pasang STB Ke TV Analog

Supaya TV analog di kediaman Anda dapat menyiarkan siaran televisi digital dengan bagus, lancar, dan tanpa hambatan maka Anda perlu memasang STB (Set Top Box) atau decoder receiver. Cara pasangnya seperti apa?

Cara pasang STB ke TV analog sebagai berikut :

  • Pertama siapkan dulu TV, STB dan remote TV-nya
  • Sambungkan kabel antena ke STB
  • Sambungkan juga kabel RCA (merah, kuning dan juga putih) ke STB
  • Nyalakan TV dan STB menggunakan remote TV-nya
  • Pilih mode AV pada TV analog Anda
  • Cek menu dan pilih Pencarian Saluran
  • Pilih menu Pencarian Otomatis
  • Pilih Simpan
  • TV digital siap dinikmati dan temukan tontonan atau tayangan favorit Anda

Atau malas beli STB dan bahkan malas pasangnya, tapi tetap ingin nonton siaran digital?

Ada solusi lain yang bisa dilakukan yaitu,

Beli dan Gunakan Smart TV Atau Android TV

Jika Anda tidak ingin repot dengan cara setting TV digital tanpa STB seperti yang kami ulas sebelumnya, tidak ingin repot beli STB tapi ada dana lebih maka bisa membeli Smart TV atau pun Android TV.

Baik itu Smart TV atau Android TV memiliki suatu fitur yang membuatnya dapat terkoneksi dengan wifi atau jaringan internet sehingga Anda bisa nonton siaran digital dengan nyaman di layar televisi.

Perangkat Smart TV dan android TV juga dapat digunakan nonton siaran live YouTube, Netflix, dan aplikasi hiburan lain ketika sedang berada pada suatu jaringan seperti wifi atau jaringan internet lain. Serta juga bisa menayangkan berbagai siaran yang ditayangkan pada android dengan menghubungkannya.

Smart TV sendiri hampir sama dengan komputer. Hanya saja aplikasi yang tersedia di Smart TV tidak dapat diupgrade sebagaimana aplikasi yang terinstall pada android TV yang notabennya masih bisa diupgrade.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan tentang cara setting TV digital tanpa STB yang bisa dilakukan. Jika memang tidak bisa karena perangkat tidak mendukung standar digitalisasi yang diperlukan, Anda bisa gunakan solusi alternatif lain yang kami juga sudah sampaikan. Selamat mencoba tips dan cara yang kami bagikan!