close
Home » Aplikasi Translate Lewat Kamera (Inggris-Indonesia) Terbaik 2023

Aplikasi Translate Lewat Kamera (Inggris-Indonesia) Terbaik 2023

Arief Wicaksana January 26, 2024

Optimaprep.co.id-Translate Inggris-Indonesia lewat kamera merupakan salah satu aktivitas digital yang saat ini semakin memudahkan siapa saja yang butuh terjemahan cepat. Pasalnya saat seseorang ada di jalanan dan melihat ada papan dengan bahasa asing, tentu akan kesulitan jika harus mengetiknya.

Hal ini seringkali dialami oleh para wisatawan yang pergi ke negara asing dan membutuhkan terjemahan bahasa inggris ke Indonesia. Fitur kamera yang dikombinasikan dengan sistem translator ini akan semakin memudahkan siapa saja yang butuh translate bahasa asing secara cepat dan tepat.

Pasalnya saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan fitur translate melalui menu kamera. Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek yang akan diterjemahkan, maka secara otomatis sistem akan langsung bekerja menampilkan hasil terjemahan.

Macam-macam Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Lewat Kamera

Seperti yang kita tahu, aplikasi untuk menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia saat ini ada banyak sekali. Untuk menerjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia pun tak hanya satu aplikasi saja.

Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi penerjemah terbaik yang memanfaatkan fitur kamera, Berikut di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk translate bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan kamera:

1. Google Translate

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Google Translate. Tentunya aplikasi ini sudah sangat familiar bagi kamu semua bukan? Namun sayangnya banyak yang belum tahu bahwa Google Transalte ternyata bisa memanfaatkan fitur kamera untuk menerjemahkan bahasa.

Aplikasi Google Translate memiliki sistem translator yang sudah diintegrasikan dengan fitur kamera yang dibuat oleh Google. Terjemahan bahasa yang didukung oleh aplikasi ini kurang lebih ada 90 bahasa dengan fitur kamera, termasuk di dalamnya bahasa inggris ke Indonesia.

Untuk bisa menggunakan fitur translator ini pengguna bahkan bisa mengoperasikannya meski sedang offline, hanya saja saat offline ada batasan bahasa yang bisa diterjemahkan. Aplikasi ini bisa digunakan baik untuk perangkat Andorid maupun iPhone.

Saat menggunakan fitur translate kameranya kamu akan disediakan 3 opsi aksi translate, yaitu instan atau foto langsung, memindai atau mengambil foto, dan impor foto.

Microsoft-Translator

2. Microsoft Translator

Tak mau kalah dengan aplikasi Google Translate, kali ini Microsoft juga menciptakan fitur baru untuk translate Inggris-Indonesia lewat kamera. Ketersediaan bahasa yang bisa diterjemahkan oleh aplikasi ini adalah sekitar lebih dari 70 bahasa.

Sebagaimana Google Translate, Microsoft Translator ini juga mendukung penggunaan pada perangkat Andorid dan iPhone. Microsoft Translator menyediakan fitur terjemahanya untuk digunakan baik secara online maupun offline.

Jadi jika kamu tidak punya data Internet, kamu masih bisa translate teks yang difoto ke bahasa indonesia.  Tak hanya menerjemahkan kalimat dan kata, aplikasi ini pun bisa digunakan untuk menerjemahkan frasa.

3. Naver Papago Translate

Selanjutnya ada Naver Papago Translate. Aplikasi ini memberikan kemudahan pada pengguna dalam sekali klik kamera untuk menerjemahkan hasil foto dengan bahasa asing seperti bahasa inggris. Bahkan bahasa yang ada dalam logo pun bisa diterjemahkan.

Utamanya aplikasi ini menyediakan terjemahan dari dan ke bahasa Korea yang memang sehari-harinya menggunaka  Naver sebagai search engine. Namun selain bahasa Korea, bahasa inggris pun bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan sekali foto.

Aplikasi ini punya kemiripan dengan Microsoft Translator yang juga menyediakan fasilitas kamus terjemahan frasa.

Tak hanya itu, keunggulan lain yang juga dimiliki oleh Naver Papago Transale Inggris-Indonesia lewat kamera adalah menyediakan hasil translate untuk bahasa formal maupun non-formal.

Camera-Dictionary

4. Camera Dictionary

Bagi kamu pengguna iPhone yang sedang mencari aplikasi penerjemah dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia khusus iPhone, maka aplikasi Camera Dictionary bisa jadi jawaban yang tepat. Pasalnya aplikasi ini memang khusus dibuat hanya untuk pengguna iPhone.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu harus daftar terlebih dulu menggunakan alamat email. Aplikasi ini sudah menyiapkan fitur kamera di dalamnya, sehingga kamu bisa langsung mengambil foto teks untuk diterjemahkan secara lebih cepat dengan hasil tepat.

Jika ingin mengambil foto teks untuk diterjemahkan, sangat disarankan untuk mengambil jarak foto sekitar 8cm karena fokus dengan jarak tersebut pada aplikasi ini akan menghasilkan hasil yang lebih akurat.

Aplikasi Camera Dictionary sudah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk pengenalan karakter optik dalam 79 bahasa. Bahasa yang bisa diterjemahkan secara gratis dalam aplikasi ini pun jumlahnya asa sekitar 90 bahasa.

Tak hanya melayani translate Inggris-Indonesia lewat kamera dari teks dokumen, aplikasi ini pun bisa menerjemahkan sumber bahasa dari rambu lalu lintas, menu cafe, daftar pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi ini bisa menerjemahkan teks yang ditulis tangan.

5. Waygo

Selanjutnya ada aplikasi Waygo yang menyediakan terjemahan untuk 5 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Korea, Jepang, Cina, dan Indonesia. Aplikasi ini tersedia untuk penggunaan online maupun offline sehingga akan sangat berguna untuk kamu yang butuh terjemahan saat offline.

Waygo menyediakan fitur kamera instan untuk menyalin gambar mana yang ingin diterjemahkan. Unggulnya lagi, aplikasi Waygo ini juga bisa menerjemahkan menu yang tidak menggunakan alfabet.

Waygo sangat cocok untuk kamu yang sedang berlibur atau dinas ke 5 negara dengan bahasa yang sudah disediakan Waygo tersebut. Aplikasi ini punya ukuran penyimpanan sekitar 30.89 MB dan bisa diakses baik dengan perangkat Andorid maupun iPhone.

6. Translate All Language

Sebagaimana nama aplikasi ini, Translate All Language menyediakan terjemahan untuk lebuh banyak bahasa. Sekitar lebih dari 100 bahasa bisa diterjemahkan dengan aplikasi ini. Fitur yang disediakan oleh aplikasi Translate All Language ini bisa mendeteksi bahasa apa yang digunakan.

Tak hanya mendukung translate Inggris-Indonesia lewat kamera, aplikasi ini ingat mendukung aktivitas translate secara verbal yang langsung dibicarakan atau diucapkan oleh lawan bicara. Terdapat dua versi penggunaan aplikasi ini, yaitu yang gratis dan berbayar.

Tentu saja versi berbayarnya akan memberikan dukungan pengalaman translate bahasa yang jauh lebih profesional dan kredibel. Aplikasi ini memang fleksibel digunakan untuk Andorid dan iPhone, namun ukuran aplikasi juga biasanya menyesuaikan dengan perangkat.

7. Camera Translator

Camera translator merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer sebagai penerjemah bahasa. Lebih dari 100 bahasa yang disediakan oleh aplikasi ini. Camera translator dibekali dengan teknologi OCR yang sudah sangat canggih.

Dengan adanya teknologi OCR ini, aplikasi Camera Translator jadi lebih mudah mendeteksi bahasa dalam bentuk objek apapun yang terpotret oleh fitur kameranya. Camera Translator memberikan hasil instan pada terjemahan sehingga cocok diandalkan.

Selain digunakan pada perangkat Android, aplikasi ini juga sangat cocok untuk para pengguna iPhone. Meskipun namanya Camera Translator, namun fitur di dalamnya tidak hanya membantu menerjemahkan bahasa melalui kamera namun juga bisa melalui suara.

Yandex.Translate

8. Yandex.Translate

Berikutnya ada Yandex.Translate yang diproduksi oleh Intertech Services AG. Aplikasi yang dapat melakukan translate Inggris-Indonesia lewat kamera ini dibuat dengan minimum OS dan size aplikasi yang bisa disesuaikan dengan perangkat.

Seperti kebanyakan aplikasi translator, Yandex.Translate ini juga bisa digunakan baik secara online maupun offline. Adapun saat digunakan secara online, aplikasi dapat mendeteksi kurang lebih 100 bahasa. Sedangkan saat offline bahasanya lebih terbatas.

Uniknya, Yandex.Translate ini punya fitur penerjemah bahasa lain ke bahasa jawa dan sunda. Tentu saja fitur unik ini akan sangat membantu kamu yang tidak bisa berbahasa jawa dan sunda. Aplikasi Yandex.Translate bisa menerjemahkan berbagai objek seperti menu restoran, foto, halaman buku, rambu jalan dan gambar-gambar berbahasa lainnya.

Yandex.Translate bisa menyimpan kata-kata terjemahan yang mungkin sering kamu gunakan. Sehingga akan lebih mudah menemukan kata yang sering diulang-ulang untuk diterjemahkan.

9. Scan & Translate

Sebagaimana nama aplikasi ini, Scan & Translate bekerja dengan cara memindai atau scan gambar yang kemudian oleh sistem akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang dikehendaki.

Aplikasi ini juga mendukung fitur untuk crop gambar yang sudah dipindai agar lebih fokus pada teks. Aplikasi ini lebih banyak digunakan untuk perangkat iPhone. Terdapat kamus frasa dalam aplikasi ini yang akan sangat membantumu memahami bahasa dan kata.

Selain memindai teks tulisan, aplikasi Scan & Translate ini juga bisa menerjemahkan objek berbahasa pada rambu jalan, label pada produk, menu resto, hingga manual instruksi. Aplikasi ini memiliki ukuran yang bermacam-macam tergantung pada perangkat yang digunakan.

Sudah lebih dari 5 juta orang yang mengunduh dan menggunakan aplikasi dari developer AISBERG LLC ini.

10. TripLingo

Selain aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, TripLingo juga tergolong sebagai aplikasi untuk translate Inggris-Indonesia lewat kamera yang sangat populer. Pasalnya aplikasi ini punya kemampuan untuk menerjemahkan bahasa dari tulisan tangan maupun logo yang difoto.

Tak hanya menerjemahkan bahasa melalui gambar, aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk menerjemahkan kalimat dari deteksi suara sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin beradaptasi dengan bahasa dan penduduk lokal daerah tertentu.

TripLingo menyediakan beragam frasa kunci bahasa. Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis pada layanan Play Store dan App Store. Namun penggunaannya bisa menggunakan dua versi, yaitu versi gratis dan premium.

Untuk versi premiumnya dalam sebulan kamu akan dikenakan biaya sekitar 111 ribu rupiah dengan jumlah bahasa yang lebih banyak tentunya. Namun sayangnya TripLingo ini hanya bisa digunakan menggunakan data Internet alias harus online.

Penggunaan aplikasi ini cocok untuk Andorid maupun iPhone dengan ukuran aplikasi sekitar 126.3 MB.

11. iTranslate Voice

Saat membaca nama aplikasi ini, mungkin kamu akan langsung tertuju pada kata voice yang artinya suara. Yups, seperti halnya nama aplikasi ini, iTranslate Voice memang bekerja secafa utama untuk menerjemahkan melalui jalur suara.

Namun tenang saja, ternyata selain bisa menerjemahkan lewat suara, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur kamera yang terintegrasi. Artinya aplikasi ini sudah mendukung fitur translate Inggris-Indonesia lewat kamera.

Tak hanya gambar, iTranlate Voice pun bisa menerjemahkan logo. Dalam hal perangkat, sayangnya iTranslate Voice belum mendukung untuk perangkat Android. Jadi aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk iOS atau iPhone.

Untuk ukiran aplikasi ini sendiri adalah sekitar 30.89 MB dengan sistem penggunaan yang bisa dioperasikan baik saat offline maupun online.

Translate Inggris-Indonesia lewat kamera memang dikenal sangat memudahkan orang-orang yang hidup di era serba digital saat ini. Setiap aplikasi yang sudah disebutkan di atas adalah aplikasi terbaik yang salah satunya bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan translate.

Sistem yang diutamakan pada setiap aplikasi di atas adalah integrasi kamera yang dibuat dengan teknologi canggih. Utamanya dalam hal pekerjaan, aplikasi-aplikasi penerjemah tersebut akan sangat membantu.

Baca juga: